Monday, March 06, 2006

os os os os os os os os

cuma pengen mengenang masa lalu...

tanggal 1 maret lalu, Nymphaea ulang tahun yang ke 55. whew,... 55 tahun! dari jamannya pak Doddy Tisna Amidjaya (1951), sampe sekarang jamannya om Agni (2006). saya sendiri cuman ngerasain 5 tahun dari umur Nymphaea sekarang. and it was great. it is.

telah beredar kabar sebelumnya bahwa sabtu nanti akan ada kumpul-kumpul alumni. tapi ngga bisa dateng dan lupa ngasih tau. padahal pengen denger juga sih cerita-cerita alumni yang jebot-jebot.

dan cerita os adalah cerita yang paling berkesan. kadang kalo udah begini, jadi setuju juga menolak penghapusan os, hehehe. padahal kalo diliat dinamikanya yang memuakkan baik ketika kita jadi panitia atau peserta, pengennya mah dihapus aja lah.... tapi, dengan begitu kok kayaknya kita menghilangkan kesempatan mereka (angkatan baru) untuk nyengir-nyengir sambil ngopi mengenang os-nya, 5 sampe 10 tahun kemudian. apakah mereka terlibat jadi peserta atau panitia.

masih selalu tercium bau lumpur kering, parafin, dan bau apek himpunan, seminggu setelah os. kerir kerir basah berlumpur bertumpuk, males ngeluarin isinya juga. anak-anak baru dengan kepala plontos, ngopi bareng sore-sore. setelah seminggu dihajar habis-habisan (eh, ngga ada body contact lo... jadi kita, panitia dan peserta emang dihajar untuk berlatih bersama, dengan materi yang berbeda), akhirnya kita bisa duduk bareng-bareng, ngopi sambil ngetawain cerita-cerita kemaren waktu di lapangan. si anu yang nyerah pas ngerayap, si anu yang tepar pas malem-malem, si anu yang nangis pas penutupan, si anu yang dikerjain swasta... hihihi..

os saya..? os saya, hmm...

sama dengan os kawan-kawan lain. kita belajar teknik dasar hidup di lapangan. tapi tiap angkatan punya cerita masing-masing... here's some of mine:

1. makan peda. ini pas belajar masak lapangan, pake parafin. dengan waktu hanya 10 menit, panitia percaya bahwa kita bisa masak nasi yang enak pleus peda. i say: bullshit. tidak percaya, tapi tak berdaya. akhirnya kita coba bikin juga.

seperti yang telah diduga, kita gagal. fase nasi masih sekitar 40% beras. kita nyebutnya nasi krispi atau nasi kriuk-kriuk. itu belum seberapa. karena peda-nya harus disatuin, jadilah nasi peda kriuk-kriuk. beberapa kelompok malah ada yang masih berair (kuah kali...??!), dengan potongan daging peda mengambang!

nasi yang jadi ada juga, tapi mereka licik, masaknya cuman dikit. karena kita cowo dan kita laper banget, kita merasa membutuhkan lebih banyak nasi, sehingga kita masak cukup banyak. dan memang dua kelompok cowo ini masak nasi yang paling banyak.

cita-cita kita makan banyak pun kesampaian. cowo-cowo diminta untuk menghabiskan semua sisa makanan (termasuk nasi kuah peda, tadi...) dalam waktu 5 menit. 10 cowo yang malang.... pulangnya sakit perut semua.

kesempatan kedua, kelompok saya punya inisiatif untuk membuat nasi yang lebih enak ketimbang yang kemaren. kita curi-curi masukin bumbu indomie. peda-nya dikit aja. nasi juga ngga sebanyak kemaren. dan kita sukses berat! nasi yang enak sekali.
tapi sayang, begitu digilir diputerin. nasi itu cuman tahan satu ronde. lantaran enak, anak-anak yang lain sampe ngambil dua sendok penuh, sementara nasi krispi cuman setengah sendok. dan kelompok kami cuman bisa melihat, menahan air liur, dan berdoa semoga kami masih bisa kebagian satu suap lagi.

ternyata doa tidak terkabul.

2. obat lintah. dua hari sebelum ke lapangan, kita diajari, gimana caranya menolak lintah yang nempel di badan: pake tembakau. tembakau=rokok. Moe beli beberapa bungkus rokok gudang garam merah untuk dibagiin ke anak-anak. masing-masing dua batang.

ada yang malah beli dji sam soe satu bungkus! buset... daripada buat lintah mending dikeroyok ama kita aja dah,,...!

dan 'obat lintah' ini pun habis pada hari pertama di lapangan. waktu itu hari jum'at. kita diminta bikin bivak dan masak, lalu siap-siap jum'atan. dari bivak anak-anak cowo, mengepul lah asap, yang kayaknya lebih banyak dari asap parafin yang dipake masak (jelas-jelas parafin ngga ada asepnya)

bertanyalah panitia: "hey! lagi ngapain? asep apa itu?" dan kita menjawab dengan kompak: "lagi masak, kang!" halah, untung ngga ketauan!

ketauan ding, pas ada temen yang ribut minta rokok, karena punya dia udah abis diisep. untung ngga dimarahin panitia.

sampe beberapa tahun yang lalu, waktu kita masih seneng jadi swasta yang nongkrong di pos swasta, tiap kali ada peserta yang dateng, kita selalu mengajukan beberapa pertanyaan dan perintah:
1. sok, duduk duduk... santai aja,... kita mah baek, ...
2. siapa nama kamu?
3. mana obat lintahnya...?

hehe lumayan lah jadi swasta mah, romantis!!! rokok makan gratiss...


3. jurit malam. tengah malam, saat menunggu giliran jurit malam tiba, inge yang sedari tadi ketawa-ketawa, baru nyadar bahwa ada sesuatu di jari manisnya. ngejendol, tapi bukan bagian dari kulitnya. "hahaha.... upil!!!" katanya, dan yang lain ketawa-ketawa... oh... ternyata bukan, setelah diliat pake senter, itu adalah lintah! untung dia ngga histeris dan masalah segera teratasi. kita emang cape dan ngantuk berat.

ngga berapa lama rubi yang dari tadi berdiri di pinggir tiba-tiba melayang jatuh. grubugggg!!! wha,... wha,.... wha,.... kenapa si rubi??? "ngantuk, gua tadi tidur" walah... bisa ya orang sampe tidur berdiri...

pas tiba giliran berangkat, saya berangkat sendiri. sebelumnya dikasih bekel password. kata teh jim, yang nunggu di pos pemberangkatan passwordnya: "malam dingin mencekam,makhluk malam bergelantungan"... jawabannya: "harimau mengaum, aum!" serem banget, passwordnya..

4. bubur nymphaea: komposisi: jengkol, pete, mangga, alpuket, wortel, dan entah apa lagi...

malam-malam yang dingin, kita ditawai makanan! siapa yang ngga mau?? pertama biasanya si panitia nanya gini: mau makanan ngga? mau berapa sendok?

saya makan tiga sendok. dan itu adalah siksaan. tapi si pande abis 12 sendok! gila!

udah itu ditawari lagi makanan yang lain. dengan pikiran jelek, saya cuman minta 1 sendok. ternyata itu ager manis! gila!

5. acara penutupan. jurit malam berakhir setelah kita lewat 5 pos. di pos terakhir kita diperbolehkan tidur. moe, yang dateng pertama udah masuk sleeping bag, dengan kaos kaki, celana, dan baju kering (kita keujanan seharian, dan ponco bener-bener ngga ngaruh kalo ujannya segede gaban)

saya tidur ngga pake ganti. cuman gelar matras, terus duduk. lantas ketiduran. entah rasanya ada yang ngga beres. ada feeling kalo acara sepertinya belum selesai.

si igar yang nyampe belakangan, jadi saksi. baru juga gelar matras dan mau duduk,... swasta-swasta yang semalam lucu, berubah beringas. semua anak dibangunin. malah ada yang pake ditajongan kerirnya... pokoknya rusuh abis... ditengah teriakan-teriakan, kita yang dalam kondisi setengah sadar harus segera ngeberesin barang-barang dan masuk dalam barisan. pas selesai adzan subuh. gila bener.

semua anak diminta untuk mengikatkan tali di pinggangnya masing-masing dan menghubungkannya dengan kawan satu kelompok. rupanya biar ngga ada yang ketinggalan barisan.

ditengah malam buta yang gelap gulita begitu, cika teriak-teriak "gua ngga mau mati!!" rupanya sebuah pasak bekas bivak ada diujung talinya dan menusuk perutnya. sementara itu orang didepannya udah keburu maju dan narik talinya. untung itu pasak ngga masuk perut si cika!

kita masuk dalam lumpur setinggi dada. brrrr dinginnya minta ampun! kepala suruh masuk dalam lumpur.... lagu diksar dinyanyikan ngga berenti-berenti. persis kayak medan latihannya gerwani di pilm g30spki, mengingat suara cewe mendominasi. hihihihi..

sampe lapangan terbuka, hari sudah terang. didepan kami, berdirilah siswa diden.... panitia yang paling menyeramkan, tapi kami lantas jadi berteman baik. saya KP bareng beliau.... kata-kata yang dilontarkan pertama adalah: "kalian masih kuat???!!!! kalian masih kuat????!!!... siapa kalian????!!!!!!.... siapa kalian?????!!!!!.... 98?????!!!!!!!...... biologi??????!!!!!!! oke,... semua ini belum selesai... kalian masih sanggup menghadapi medan latihan berikutnya??? (sambil nunjuk gunung di belakang bukit tikukur, rancaupas)... "

glek!! kirain udah beres om...??

"siapa yang tidak sanggup??" cika ngacung: "kak, saya tepar"... "yah, kebelakang kamu. PASUKAN, BALIK KANAN GRAKKK!!!!" dan dihadapan kita bertumpuk lah kayu bakar, bendera Nymphaea dikibarkan dan kakak-kakak panitia berbaris. lalu, ada yang bicara: "pengumuman pengumuman, upacara penutupan pendidikan dasar Nymphaea akan segera dimulai. pemimpin pasukan harap menyiapkan pasukannya." lalu saya mikir... walah cika....!!! tapi dia ngga dianggap gugur kok...

hehe,... masih banyak lah cerita os yang masih suka saya kenang. yang ngga ikut os mah rugi!!!! si yani aja sampe beberapa lama setelah os, selalu bilang: "duh, yani pengen banget ikutan os, tapi ngga boleh ama si papah"

dia akhirnya non him. that's okay yan,... you're still our friend, entah elu ikut os apa ngga. cuman ya...kamu ngga punya pengalaman kayak kita yang ikutan. bedanya cuman itu doang kok. jadi kenapa repot benci ama non him (kampring pisaaann!!)

1 comment:

Unknown said...

rokoknya sama euy sama angkatan gua : gudang garam merah. kok bisa ya?