Thursday, February 16, 2006

calung

dua hari belakangan, dan sebulan lalu, perjalanan dari rumah ke kampus ditempuh dengan sarana angkutan umum favorit: KRD, alias kereta diesel jurusan Padalarang-Cicalengka. waktu perjalanan dari rumah sampe kantor bisa satu jam. kalo naek angkot, dengan biaya tiga kali lipat, kita juga ngabisin waktu dua kali lipat. semua ini karena si Jambrong sedang dalam perawatan.

setelah naik, biasanya saya akan menyusur gerbong dulu sampai ke gerbong paling belakang. selain nyari tempat kosong, saya juga nyari hiburan pagi: grup calung. serius. grup ini maennya bagus banget! minimalis, sih. terdiri dari 3 orang: satu maen calung merangkap backing vokal, satu maen kendang-merangkap backing vokal, satu maen kecrek merangkap lead vokal plus mic dan ampli. tapi, serius bagus banget. semua personil pake kaos yang dimasukin dalam celana katun lengkap dengan ikat pinggang,.... plus ikat kepala dari kain batik.

vokalisnya punya suara berat, tapi ngga lantas jadi kaku. artikulasi tetep jalan. dan kalo udah maenin lagu, apalagi sambil saut-sautan ama yang maen calung dan kendang,... suasana bener-bener jadi beda. hebatnya, penumpang juga bisa ikut berinteraksi. dari mulai nyeletuk-nyeletuk, sampe minta lagu.

lagu yang dimaenin, mulai dari lagu cinta sampe lagu kritik sosial. semuanya berbahasa sunda. favoritnya penumpang: Kalangkang-nya Nining Meida sama Sarboah-nya Darso.

setelah perkenalan dan permintaan maaf karena mengganggu telinga, biasanya si vokalis akan nyanyi satu baris liriknya, sambil ngasih ancer-ancer nada sama si pemaen calung. setelah sekitar dua lagu, baru si penyanyi ngider minta uang ala kadarnya. kalo kereta malem, bisa heboh banget. sampe ada penumpang yang ikut-ikutan joget, dan nyawer seadanya.

ngga kaya calung yang biasa di maenin, si pemain calung cuma bawa 1 set calung 6 nada. dan si pemain kendang, lengkap bawa 3 buah kendang: yang gede, sedeng ama yang kecil. biasanya dia pake pemukul (macem drum stick gitu). gila, jago banget maennya!

hari ini, saya ketemu dua grup calung: rupanya grup mereka pecah, dan mereka merekrut personil-personil baru. grup yang lama berganti personil si pemain kendang. sedang si pemain kendang membentuk grup baru dengan vokalis dan pemain calung baru. sayang, dua-duanya kurang sempurna. vokalis grup baru ini, kurang kedengeran suaranya, ketutupan bunyi kendang ama kecrek. pemain kendang di grup lama, kurang lincah.

wah seandainya mereka ngga harus kayak grup-grup band masa kini yang harus gonta ganti personel.....oke banget lah pokoknya..!

calung itu musiknya orang biasa, bukan musiknya menak sunda... ringan, ngga basa-basi, tapi tetep sopan dan banyak haha hihi.